Perbedaan Baterai Li-ion 18650 Flat Top, Pin Top, Button Top, Dental Cure

Saat kita akan membeli baterai Li-ion 18650, tentu kita berpikiran bahwa semua baterai 18650 yang dijual dipasaran mempunyai ukuran seragam yaitu diameter 18mm dan panjang 65mm. Ini tidak salah, karena memang inti dari ukuran baterai Li-ion atau baterai silinder adalah sebagai berikut :

  • 14500 = Ø 14mm x 50mm
  • 18350 = Ø 18mm x 35mm
  • 18500 = Ø 18mm x 50mm
  • 18650 = Ø 18mm x 65mm
  • 20700 = Ø 20mm x 70mm
  • 21700 = Ø 21mm x 70mm
  • 26650 = Ø 26mm x 65mm
  • dan seterusnya

Tetapi ada banyak variasi atau model baterai Li-ion 18650 maupun ukuran lainnya, salah satunya yaitu bentuk kutub / terminal baterai, terutama kutub positifnya. Berikut adalah bentuk yang umum ada dipasaran…

Flat Top

Ini adalah baterai dengan kutub positif bentuk datar dan paling banyak dijumpai dipasaran, terutama baterai branded original seperti produksi dari Panasonic – Sanyo Electric, Sony Energy – Murata, LG Chem, dan SAMSUNG SDI.

Semi Flat / Button Top

Pada baterai Flat Top ini, jika betul-betul diperhatikan akan ada baterai bentuk kutub positif lebih menonjol tetapi original dari pabrik. Baterai seperti ini bisa kita jumpai untuk batre produksi SANYO Electric, seperti seri / model SANYO NCR18650NSX, SANYO NCR18650GA.

Panjang baterai secara keseluruhan untuk Flat Top atau Semi Flat Top ini masih sama, yaitu sekitar 65mm saja, sesuai dengan ukuran 18650, belum dimodifikasi atau diubah apapun.

Pin Top

Ini adalah baterai dengan kutub positif bentuk menonjol runcing (kecil) dan biasanya dijumpai pada baterai OEM/rebrand atau baterai modifikasi seperti merk NITECORE, XTAR, Soshine, Efest, dll. Baterai tipe ini umumnya dipakai pada senter kepala (headlight), atau senter branded seperti merk NITECORE, JET BEAM, XTAR dimana kadang terminal positif senter atau alatnya datar atau malah cekung masuk sedikit kedalam. Sehingga tidak bisa nyala jika menggunakan baterai bentuk Flat Top.

Button Top

Ini adalah baterai mirip dengan pin top, kutub positifnya menonjol. Hanya saja bentuk tonjolan lebih lebar seperti tombol (button), bukan kecil atau runcing (pin), banyak orang yang menyamakan antara Pin Top dan Button Top, atau tertukar definisinya, tetapi ini menurut kami yang paling mendekati kebenaran. Beberapa aplikasi senter seperti merk NITECORE hanya bisa baterai Pin Top, dan Button tetap tidak bisa walau sama-sama menonjol…

Dental Cure Terminal

Ini adalah bentuk kutub positif dan negatif baterai berada pada kedua sisi ujung silinder baterai, jadi baterai dipasang dengan mata tertutup, atau baterai dipasang terbolak-balik tidak masalah, karena akan sama saja berfungsi. Chargernya pun khusus tentunya …

Akan segera di update lagi jika ada waktu ya gan ^_^..