Apa itu Baterai LiHV atau Lithium-ion High Voltage?

Ada banyak jenis baterai Lithium, diantaranya Li-ion atau Lithium Ion, LiPo atau Lithium Polimer, LFP atau LiFePO4 atau Lithium Iron Phosphate atau Lithium Ferrous Phosphate, dan juga kadang ada yang disebut LiHV. LiHV adalah singkatan dari Lithium Ion High Voltage, yaitu jenis yang sama dengan baterai Li-ion.

Bedanya adalah pada tegangan penuhnya, untuk baterai Li-ion maupun LiPo mempunya tegangan penuh sekitar 4.2v, sedangkan LiHV baterai dianggap penuh jika tegangan mencapai 4.35v, jadi hanya terpaut 0.15v saja dibandingkan dengan Li-ion standar, tetapi percayalah ini sudah termasuk baterai jenis atau kategori tersediri.

Apakah baterai Li-ion standar biasa, bisa di charge sampai 4.35v? jawabnya adalah mungkin bisa tetapi sangat berbahaya sekali, diatas 4.3v baterai li-ion standart akan panas dan meledak. jadi maksimal biasanya 4.15v atau 4.20v saja disarankan untuk mengisian dayanya.

Sedangkan untuk baterai LiHV jika di isi dengan charger standar yg maksimal tegangan 4.20v, masih belum penuh… hanya terisi 75% – 85% dari kapasitas totalnya… Semoga mudah dipahami, jika ada pertanyaan silakan ditanyakan langsung via kontak yang tercantum pada websites. Thanks!